1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Membaca
Membaca berbagai teks
nonsastra berupa teks sederhana, laporan, pengumumsn,
petunjuk pemakaian, ringkasan, makna kata, dan rubrik khusus,
serta berbagai karya sastra berupa puisi, dongeng, cerita anak,
dan drama anak.
|
Disajikan teks bacaan 3 – 4
paragraf, siswa dapat:
·
menjawab pertanyaan dengan kata
tanya (apa, siapa, bagaimana, atau mengapa)
·
membuat kalimat tanya sesuai
dengan isi salah satu paragraf
·
menentukan ide pokok salah satu
paragraf
·
menentukan kalimat yang sesuai
dengan salah satu paragraf.
|
Disajikan gambar kemasan
obat yang terdapat petunjuk pemakaiannya, siswa dapat menjelaskan penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
||
Disajikan petunjuk
penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa dapat mengurutkan
dengan susunan yang tepat.
|
||
Disajikan rubrik khusus
surat pembaca, siswa dapat menentukan kalimat saran dengan
tepat.
|
||
Disajikan cuplikan
pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
|
||
Disajikan teks drama, siswa
dapat:
·
menentukan tokoh utama
·
menentukan latar
·
menentukan amanatnya.
|
||
Disajikan paragraf yang
terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan kalimat utamanya.
|
||
Disajikan teks percakapan,
siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
||
Disajikan sebuah paragraf,
siswa dapat:
·
menentukan makna yang terkait di
dalamnya
·
mengartikan salah satu kata sulit
dalam kalimat.
·
Menentukan antonim salah satu kata
yang terdapat di dalam paragraf.
|
||
Siswa dapat menentukan
peribahasa sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
ungkapan sesuai ilustrasi yang disajikan.
|
||
Disajikan pantun, siswa
dapat menentukan pesan yang terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan dua teks, siswa
dapat menentukan persamaannya
|
||
Disajikan jadwal perjalanan
beberapa nama kereta api berbagai jurusan, siswa dapat:
· membuat
pernyataan sesuai isi jadwal
·
menentukan kereta tertentu yang
berangkat/datang lebih cepat/lambat sesusi isi jadwal
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan
isinya.
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat:
·
menentukan isinya
·
memperbaiki kalimat yang
salah strukturnya.
|
||
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat menentukan
topiknya.
|
||
Disajikan
teks satu paragraf, siswa dapat:
·
menentukan ringkasannya
·
menentukan temanya
·
menentukan pesan yang
terkandung di dalamnya.
|
||
Disajikan
teks puisi pendek, siswa dapat:
·
menentukan parafrase yang
tepat
·
menentukan makna kata pada
puisi yang disajikan.
|
||
2.
|
Menulis
Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
karangan sederhana, petunjuk pemakaian,
surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, dan ringkasan dengan menggunakan
ejaan dan pilihan kata yang tepat; menulis
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, parafrase, dan pantun
|
Disajikan
petunjuk cara membuat sesuatu yang diacak, siswa
dapat mengurutkan sehingga menjadi sebuah petunjuk yang runtut.
|
·
Disajikan empat kalimat
yang disusun secara acak, siswa dapat mengurutkan
sehingga menjadi paragraf yang padu.
·
Disajikan dua kalimat
tunggal, siswa dapat menggabungkan dengan kata
hubung yang tepat.
·
Disajikan kalimat
rumpang, siswa dpat melengkapi dengan kata
gabung yang tepat.
|
||
Disajikan
surat undangan suatu kegiatan yang belum lengkap,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat efektif yang tepat.
|
||
Siswa
dapat menentukan tanda baca pada kalimat surat yang
disajikan.
|
||
Disajikan
cuplikan pengumuman yang belum lengkap, siswa dapat
melengkapi dengan kalimat yang di dalamnya terdapat kata depan yang tepat.
|
||
Disajikan dialog antara dua atau tiga orang yang belum lengkap, siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan formulir dan data isian, siswa dapat melengkapi formulir
sesuai dengan data yang disajikan.
|
||
Disajikan
teks pidato yang belum lengkap, siswa dapat:
·
melengkapi dengan kalimat
yang tepat
·
memperbaiki kalimat yang
ejaannya salah.
|
||
Disajikan surat resmi yang di dalamnya terdapat kata yang tidak tepat, siswa dapat memperbaikinya dengan kata yang sesuai orang yang dituju.
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat membetulkan ejaan yang
salah.
|
||
Disajikan
data, siswa dapat menentukan kalimat laporan
sesuai data.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan
sebuah pantun yang belum lengkap di bagian isi,
siswa dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.
|
||
Disajikan
gambar kegiatan, siswa dapat menyusun sebuah
paragraf yang sesuai dengan maksud gambar.
|
||
Disajikan
paragraf rumpang, siswa dapat melengkapi dengan
kalimat yang tepat.
|
2. MATEMATIKA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami konsep dan operasi hitung bilangan serta
dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung campuran bilangan cacah.
|
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran
bilangan cacah.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil
operasi hitung campuran bilangan bulat.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan
pecahan.
|
||
Siswa dapat menentukan
hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk
pecahan.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang berkaitan dengan skala atau
perbandingan lainnya.
|
||
Siswa dapat menentukan
urutan berbagai bentuk pecahan dari besar ke kecil atau
sebaliknya.
|
||
Disajikan dua buah
bilangan, siswa dapat menentukan KPK atau FPB dalam bentuk
faktorisasinya.
|
||
Disajikan tiga buah bilangan
dua angka, siswa dapat menentukan FPB atau KPK-nya.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan KPK.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita yang berkaitan dengan FPB.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung penjumlahan atau pengurangan bilangan pangkat
dua.
|
||
Siswa dapat menentukan hasil
penarikan akar pangkat tiga dari suatu bilangan pangkat
tiga.
|
||
Siswa dapat penyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan penarikan akar pangkat tiga.
|
||
2.
|
Memahami konsep ukuran dan pengukuran berat, panjang, luas dan volume waktu
serta penggunaannya dalam pemecahan
masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan hasil
penjumlahan dan pengurangan ukuran waktu dengan satuan yang
berbeda atau ukuran panjang satuan panjang yang berbeda yang disajikan
dalam soal cerita sederhana.
|
Siswa dapat menyelesaikan
permasalahan yang berkaitan dengan satuan debit atau satuan
volum.
|
||
Siswa dapat menentukan
penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ukuran berat atau
satuan luas.
|
||
Siswa dapat menyelesaikan
soal cerita sederhana yang berkaitan dengan jarak, kecepatan,
dan waktu.
|
||
3.
|
Memahami konsep, sifat dan
unsur- unsur
bangun geometri dapat menghitung
besar-besaran yang terkait dengan bangun geometri (2D/3D) memahami
konsep transformasi bangun datar, serta dapat
menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Siswa dapat menentukan
bentuk bangun datar dari beberapa sifat-sifat bangun yang
disajikan atau sebaliknya.
|
Siswa dapat menentukan
hasil pencerminan dari gambar suatu bangun datar yang disajikan.
|
||
Siswa dapat menentukan
unsur-unsur yang ada pada bangun ruang yang disajikan (titik
sudut, sisi, atau rusuk).
|
||
Siswa dapat menentukan satu
pasang bangun yang sama dan sebangun dari beberapa gambar
yang disajikan.
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Siswa dapat
menentukan jaring-jaring suatu bangun ruang.
|
||
Disajikan
gambar bangun datar dengan ukuran yang ditentukan
siswa dapat menghitung luasnya.
|
||
Siswa
dapat menentukan luas gabungan atau irisan dari dua bangun datar sederhana.
|
||
Siswa
dapat menentukan luas bagian lingkaran (misal setengah
lingkaran).
|
||
Siswa
dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan
volum kubus atau balok.
|
||
Siswa
dapat menentukan volume prisma segitiga dari suatu
gambar yang ukurannya diketahui.
|
||
Siswa
dapat menentukan volume tabung dari suatu gambar
tabung yang ukurannya diketahui.
|
||
4.
|
Memahami konsep koordinat untuk menentukan
letak benda dan dapat menggunakannya dalam
pemecahan masalah
|
Diberikan
beberapa titik pada bidang koordinat, siswa dapat
menentukan koordinat salah satu titik.
|
5.
|
Memahami
konsep pengumpulan data penyajian data dengan tabel
dan grafik mengurutkan data rata-rata serta menerapkan dalam pemecahan masalah
kehidupan sehari-hari
|
Siswa
dapat menentukan banyak data dari suatu gambar diagram
batang yang disajikan (terbanyak, terendah selisih, dll).
|
Siswa dapat
menentukan banyak data pada diagram lingkaran
yang disajikan (data dari persentase atau besar sudut tertentu).
|
||
Siswa
dapat menentukan diagram batang dari data yang disajikan
dalam bentuk tabel.
|
||
Siswa
dapat menentukan salah satu unsur dari data yang disajikan dalam bentuk diagram batang atau lingkaran.
|
||
Siswa
dapat menentukan nilai rata-rata dari sekumpulan data (rentang banyak data 6 – 10 data).
|
||
Siswa dapat
menentukan nilai rata-rata dari data berbentuk
tabel (banyak data kurang dari 20 data).
|
||
Siswa dapat
menghitung nilai rata-rata dari sajian data berbentuk
diagram batang.
|
||
Siswa dapat
menentukan nilai median dari sekumpulan data
tunggal yang disajikan.
|
||
Siswa
dapat menentukan nilai modus dari data yang disajikan
dalam bentuk soal cerita.
|
||
Siswa
dapat menentukan nilai tertinggi atau terendah dari data yang disajikan.
|
3. ILMU
PENGETAHUAN ALAM SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Memahami ciri-ciri dan
penggolongan hewan dan
tumbuhan, manfaat tumbuhan dan hewan bagi manusia,
serta upaya pelestariannya.
|
Siswa dapat menjelaskan
fungsi dari ciri khusus pada hewan/tumbuhan tertentu
|
Disajikan contoh beberapa
tumbuhan/hewan dalam satu kelompok, siswa dapat menentukan
dasar
pengelompokan dari
tumbuhan/hewan tersebut
|
||
Siswa dapat menjelaskan
manfaat hewan/tumbuhan bagi kehidupan manusia/lingkungan
|
||
Siswa dapat menjelaskan
tujuan melestarikan hewan/tumbuhan langka
|
||
2.
|
Memahami
perkembangbiakan hewan dan tumbuhan serta daur hidup hewan
|
Disajikan gambar
hewan/tumbuhan, siswa dapat menentukan cara perkembangbiakannya
|
Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri perkembangan fisik pada manusia
|
||
Siswa dapat mengidentifikasi
daur hidup hewan
|
||
3.
|
Memahami saling
ketergantungan antarmakhluk hidup
|
Siswa dapat menjelaskan
contoh hubungan antar makhluk hidup (salah satu jenis simbiosis)
|
Siswa dapat menentukan
rantai makanan yang cocok dalam komunitas/ekosistem tertentu
|
||
Siswa dapat menentukan peran
komponen ekosistem berdasarkan gambar rantai makanan
|
||
4.
|
Memahami penyesuaian diri
pada makhluk hidup serta peranan manusia dalam
keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan
pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan
|
Siswa dapat menjelaskan
tujuan adaptasi pada hewan/tumbuhan tertentu
|
||
5.
|
Memahami bagian tubuh
manusia, tumbuhan, dan hewan, menjelaskan fungsinya, serta mampu mengidentifikasi kebutuhan tubuh agar tumbuh
sehat.
|
Siswa dapat menjelaskan
fungsi organ pada tumbuhan berdasarkan strukturnya
|
Disajikan gambar alat
indera, siswa dapat menentukan fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menjelaskan
proses yang terjadi pada salah satu bagian alat pernafasan
berdasarkan gambar
|
||
Disajikan gambar alat
pencernaan manusia, siswa dapat menjelaskan proses yang dilakukan
enzim/zat
pencernaan yang dihasilkan
oleh bagian yang ditunjuk
|
||
Siswa dapat menentukan
urutan aliran darah pada salah satu sistem peredaran darah manusia
berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menentukan
bagian kerangka manusia berdasarkan gambar
|
||
Siswa dapat menjelaskan
fungsi zat makanan tertentu bagi kesehatan tubuh manusia
|
||
Siswa dapat menjelaskan cara
pecegahan salah satu jenis penyakit pada manusia
|
||
6.
|
Memahami sifat penyusun
benda, perubahan
bentuk benda dan kegunaan, serta pengaruh
suhu terhadap benda dalam kehidupan
sehari-hari
|
Disajikan ilustrasi suatu
kegiatan siswa dapat menentukan jenis perubahan wujud zat yang terjadi
|
Siswa dapat menyebutkan
sifat-sifat bahan untuk keperluan tertentu atau dapat
menyebutkan bahan dasar benda tertentu
|
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
Disajikan
ilustrasi tentang suatu kegiatan, siswa dapat menjelaskan
pengaruh suhu terhadap benda pada kegiatan tersebut
|
||
Siswa
dapat menjelaskan contoh jenis perpindahan kalor yang terjadi pada suatu kegiatan/peristiwa
|
||
7.
|
Memahami
hubungan antara gaya, gerak, energi dan
perubahannya, serta manfaatnya dalam kehidupan
sehari- hari.
|
Disajikan
gambar kegiatan tertentu, siswa dapat menentukan
jenis gaya yang dimanfaatkan
|
Disajikan pernyataan/gambar,
siswa dapat mengidentifikasi gaya dapat
mengubah gerak/bentuk suatu benda
|
||
Disajikan
gambar/ilustrasi suatu kegiatan, siswa dapat menentukan
jenis pesawat sederhana yang sesuai digunakan.
|
||
Disajikan
gambar alat musik, siswa dapat menunjukkan sumber
bunyi dari alat tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan sifat
cahaya dari gambar/pernyataan tersebut
|
||
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan perubahan
energi yang terjadi
|
||
Siswa dapat
menyebutkan contoh energi alternatif dalam kehidupan
sehari-hari.
|
||
Disajikan
gambar rangkaian listrik, siswa dapat menentukan
lampu yang menyala/mati jika salah satu saklar
diputus/disambung
|
||
8.
|
Mendeskripsikan
berbagai jenis sumber daya alam, perubahan yang
terjadi dalam pengunaannya, serta dampaknya
bagi kehidupan.
|
Siswa dapat
mengidentifikasi jenis-jenis tanah
|
Disajikan
gambar/pernyataan, siswa dapat menentukan manfaat
salah satu jenis sumber daya alam
|
||
Siswa dapat
menyebutkan salah satu kegiatan manusia yang dapat
mengubah permukaan bumi (pertanian, perkotaan, dsb)
|
||
Siswa dapat
mengelompokkan jenis sumber daya alam yang dapat
diperbaharui/tidak dapat diperbaharui.
|
||
9.
|
Memahami
sistem tata surya bagi kehidupan.
|
Menentukan
nama planet/ciri-ciri planet dalam tata surya
|
Siswa dapat
menjelaskan akibat gerakan bumi/bulan terhadap
kehidupan di bumi
|
||
Siswa
dapat mengidentifikasi gambar terjadinya gerhana matahari/bulan atau menjelaskan terjadinya gerhana matahari/bulan.
|
||
Siswa dapat
menjelaskan dasar perhitungan tahun masehi/tahun
hijriah.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar